Flaming Arrow Glitter Purple
Semoga Kita selalu di Jalan yang Benar

Sabtu, 11 Desember 2010

KEUTAMAAN SHALAT TAHAJJUD



Firman Allah Ta’ala :
“ Sesugguhnya Tuhanmu mengetahui kalaukamu berdiri ( shalat ) kurang dari sepertiga malam ....” ( QS. 73 Muzzamil : 20 )

Firman Allah ta’ala :
“sesungguhnya ibadah di malam hari lebih menguatkan hati ( khusuk ) dan lebih lurus bacaannya.” (QS. 73 : 6 )

Firman Allah Ta’ala :
“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya.....” ( QS. 32 :16 )

Firman Allah Ta’ala :
“adakah orang yang lebih taat ditengah malam hari......” ( QS. 39 :9 )

Firman Allah ta’ala :
“dan orang yang dimalam hari bersujud dan shalat kepada tuhannya...” ( QS. 25 : 64 )
Dikatakan : ia berdiri dimalam hari dengan amat sabar mampu untuk menolong Memerangi hawa nafsu

Nabi bersabda : Syetan mengikut tengkuk seseorang diantara kalian ketika mau tidur denganTiga  ikatan.  Dan setiap ikatannnya terdapat malam yang panjang untukmu, Tidurlah!”  bilamana ia bangun  dan dzikir kepada allah, ikatan itu lepas, bila ia wudhu, ikataan kedua lepas, dan ketika shalat . ikatan ketiga lepas . Maka saat pagi tiba ia bangung dengan semangat jiwa yang bersih. Kalau tidak seperti ini, jiwanya akan terus menerus kotor amat malas..
          
  Dalam suatu hadits : Pernah diterangkan di depan beliau Saw. Mengenai seorang lelaki yang tidur sepanjang malam sampai pagi. Lalu Nabi Muhammad bersabda : lelaki tersebut telinganya dikencingi syetan.
            Dalam suatu hadits : Sesungguhnya syetan mempunyai obat yang dimasukkan hidung; barangnya bisa dijilat dan ditaburkan. Kalau dia memasukkan hidung seorang hamba, maka budi pekertinya amat buruk. bila syetan menaburkan. Ia akan tidur sepanjang malam sampai pagi.
           
Nabi Muhammad Saw bersabda : Dua rakaat yang dikerjakan seorang hamba dimalam hari lebih baik dari dunia dan seisinya. Andaikan aku tidak khawatir memberatkan umatku, aku pasti mewajibkan dua rakaat untuk mereka.
       
     Hadits shaheh melalui Jabir ra : Sesungguhnya Nabi Muhammad bersabda : sesungguhnya dimalam ada suatu masa, dimana seorang hamba tidak akan menemui permintaan kebajikan kecuali dia pasti mengabulkan.
            
 Dalam riwayat lain : Dia memohon kepada Allah kebaikan dunia maupun akhirat. Dan masa masa seperti ini selalu terjadi pada malam hari.
           
Kata Al mughirah bin syu’bah ra : rasulallah berdiri  (beribadah) malam hari sampai kakinya bengkak-bengkak. Ditanyakan kepada beliau saw : bukankah Allah sudah menjamin ampunan dosa-dosamu di masa lalu dan dimasa akan datang! Nabi saw bersabda :Tidak bolehkah aku menjadi hamba yang bersyukur!
            Yakni,  sikap tersebut merupakan isyarat bertambahnya drajat, sebab kesulitan merupakan sarana bertambahnya drajat.

Firman Allah :
“sungguh kalau kamu bersyukur, tentu  kami akan menambah-nambahkan untukmu..” ( QS. 14 Ibrahim 7 )

Nabi bersabda : Hai abu hurairah ra, apakah kamu ingin rahmat Allah selalu ada padamu dalam kehidupan atau kematian, dan dikuburan atau saat dibangkitkan , maka berdirilah disebagian malam, lalu shalatlah.
            
 Hai abu hurairah , Apakah kamu menghendaki ridho Allah, maka shalatnya disetiap sudut rumahmu, tentu cahayanya rumahmu akan menjulang ke langit laksana planet dan bintang dunia.

Nabi bersabda : Istiqomah-kan beribadah dimalam hari. Karena sudah menjadi kebiasaan orang – orang shaleh sebelum kamu. Ibadah dimalam hari merupakan pendekatan jiwa kepada Allah Azza Wa Jalla guna mencuci dosa, menyembuhkan penyakit dari tubuh dan mencegah perbuatan dosa.

Nabi saw bersabda : Tiada seseorang yang memiliki sholat di malam hari kemudian tidur, kecuali pahalanya terus ditulis laksana sholat dan tidurnya merupakan ibadah.

Nabi sw bersabda kepada Abu Dzar ra : kalau kamu berpergian, apa ada persiapan bekal ..katanya: Ya, sabda nabi :Lalu apa bekalmu menuju akhirat ? maukah aku mengkabarkan padamu hai  Abu Dzar, suatu bekal yang bermanfaat untukmu di hari itu  kata Abu Dzar :Ya, mau ..demi ayah dan ibuku.. lantas nabi bersabda :berpuasalah, demi suatu hari yang amat  dasyat panasnya. Yakni hari kebangkitan. Sholatlah di malam yang gelap dua rakaat, demi kesedihan di alam kubur. Berhajilah, demi agung – agungnya suatu masalah. Dan bersedaqahlah dengan shadaqah kepada fakir miskin,  atau ucapkan kalimat yang benar dan tahanlan ucapan yang buruk.

            Ali bin abi thalib ra berkata : suatu malam Yahya bin Yakaria as. Amat kenyang dengan roti gandum, kemudian ia tertidur meninggalkan dzikirnya sampai pagi. Lalu Allah menurunkan wahyu padanya : hai Yahya , ,,apakah kamu menemukan perkampungan yang lebih biak daripada perkampungan-KU, atau menemukan suatu persandingan daripada bersanding dengan-KU ..demi keagungan dan keluruhan –KU, hai yahya ! Andaikan kamu bisa melihat surga dengan sekali jengukan, pasti lemakmu akan meleleh dan nyawamu hilang  karena melihat terlalu indahnya surga. Dan andaikan kamu melihat neraka  dengan sekali jengukan saja dan kamu akan menangis sampai mengeluarkan nanah setelah air matamu habis, dan kamu akan memakai kulit setelah memakai kain sarung.
            
 Nabi saw bersabda : Semoga Allah memberikan rahmat kepada lelaki yang beribadah shplat dimalam hari, kemudian yang membangunkan istrinya diajak sholat. Billa istri membangkang, dia akan menyiramkan air kewajahnya.
             
Nabi saw bersabda : semoga allah memberikan rahmat kepada wanita yang beribadah sholat malam hari, kemudian dia membangunkan suaminya sehingga sholat, kalau suaminya membangkang, ia akan menyiram air kewajahnya. Nabi saw bersabda : barangsiapa yang bangun malam dan membangunkan istrinya, lalu mereka sholat dua rakaat, maka mereka dicatat sebagai orang dzikir kepada allah sebanyak lelaki dan wanita yang berdzikir.
           
Sabda nabi saw : sholat yang paling utama setelah sholat fardlu ialah sholat malam.

Imam Bukhari sering mengungkapkan dua bait syair ini : Ambillah keuntungan diwaktuu senggangmu dengan keutamaan ruku’, mungkin saja kematian datang mendadak. Sering engkau melihat orang sehat, tiba – tiba nyawanya keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar